Wisata Malang Terbaru 2024 untuk Liburan Seru

Mencari destinasi wisata baru di Malang untuk liburan yang seru? Malang, yang dikenal sebagai Kota Apel, menawarkan beragam pilihan wisata alam yang siap memanjakan Anda. Dari air terjun yang memukau hingga pegunungan yang menjulang tinggi, berikut adalah rekomendasi wisata Malang terbaru 2024 yang wajib Anda kunjungi.

Jadikan liburan Anda di Malang kali ini semakin berkesan dengan menjelajahi destinasi wisata alam yang masih asri dan belum banyak terjamah. Nikmati keindahan alam yang memikat, rasakan kesegaran udara pegunungan, dan ciptakan momen tak terlupakan bersama orang-orang terkasih.

Poin Penting

  • Liburan seru di Malang menanti wisatawan pada tahun 2024 dengan destinasi wisata terbaru yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.
  • Destinasi wisata baru tersebut mencakup taman hiburan, wisata alam, dan tempat rekreasi yang cocok untuk segala usia.
  • Wisatawan dapat menikmati wahana seru, pemandangan alam yang indah, dan fasilitas lengkap yang menjamin kenyamanan selama liburan.
  • Malang siap menyambut wisatawan dengan suguhan destinasi wisata yang semakin beragam dan menarik untuk membuat liburan semakin berkesan.

Wisata Alam Malang

Malang, kota yang terletak di Jawa Timur ini, menyimpan berbagai keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata air terjun, pantai, gunung, tempat camping, hingga agrowisata, semua tersedia di Malang.

Wisata Air Terjun Malang

Malang terkenal dengan wisata air terjunnya yang memukau. Beberapa air terjun yang wajib dikunjungi antara lain:

  • Coban Rondo: Air terjun setinggi 84 meter ini berada di lereng Gunung Panderman. Terdapat mitos yang menarik mengenai asal-usul nama air terjun ini.
  • Coban Sewu: Terletak di Kecamatan Tumpang, air terjun ini memiliki banyak aliran air yang jatuh dari ketinggian 125 meter. Panorama alam di sekitarnya sangat indah.
  • Coban Jahe: Air terjun yang terletak di lereng Gunung Arjuna ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Dinamakan Coban Jahe karena airnya yang segar dan dipercaya memiliki khasiat seperti jahe.

Wisata Pantai Malang

Pantai-pantai di Malang juga tidak kalah indahnya. Beberapa pantai yang bisa dikunjungi antara lain:

  • Pantai Mbehi: Pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Terdapat juga penangkaran penyu di pantai ini.
  • Pantai Balekambang: Pantai yang terkenal dengan pura yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah laut. Pura ini menjadi tempat peribadatan umat Hindu.
  • Pantai Goa China: Pantai ini memiliki gua-gua alami yang dapat dijelajahi. Terdapat juga vihara yang menjadi tempat sembahyang umat Buddha.

Wisata Gunung di Malang

Bagi pecinta pendakian, Malang memiliki beberapa gunung yang bisa didaki. Beberapa gunung yang populer antara lain:

  • Gunung Bromo: Gunung yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki kawah yang masih aktif. Pemandangan matahari terbit dari puncak gunung ini sangat indah.
  • Gunung Semeru: Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki trek pendakian yang menantang. Puncak Mahameru menawarkan pemandangan yang spektakuler.
  • Gunung Arjuno: Gunung yang terletak di sebelah timur Kota Malang ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 meter. Pemandangan dari puncak gunung ini meliputi hamparan pegunungan dan laut lepas.

Tempat Camping di Malang

Bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah, Malang memiliki beberapa tempat camping yang bisa dikunjungi. Beberapa tempat camping yang direkomendasikan antara lain:

  • Bumi Perkemahan Coban Talun: Tempat camping ini berada di lereng Gunung Panderman. Terdapat area berkemah yang luas, serta fasilitas seperti toilet dan musala.
  • Bumi Perkemahan Selecta: Tempat camping ini terletak di kawasan wisata Selecta. Terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, taman bermain, dan restoran.
  • Bumi Perkemahan Ranu Pani: Tempat camping ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terdapat area berkemah yang luas, serta pemandangan Gunung Semeru yang indah.

Goa di Malang

Malang juga memiliki beberapa goa yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa goa yang bisa dikunjungi antara lain:

  • Goa Pinus: Goa ini berada di Kecamatan Pujon. Terdapat berbagai stalaktit dan stalakmit yang indah di dalam goa ini.
  • Goa Jepang: Goa yang berada di sebelah barat Kota Malang ini merupakan bekas markas tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.
  • Goa Tetes: Goa yang berada di Kecamatan Dau ini memiliki sungai bawah tanah yang mengalir di dalamnya. Terdapat juga berbagai ukiran dinding yang menarik di dalam goa ini.

Agrowisata Malang

Malang memiliki beberapa agrowisata yang bisa dikunjungi. Beberapa agrowisata yang direkomendasikan antara lain:

  • Kebun Teh Wonosari: Kebun teh yang terletak di Kecamatan Lawang ini menawarkan pemandangan perkebunan teh yang hijau. Terdapat juga pabrik teh yang bisa dikunjungi.
  • Kebun Apel Batu: Kebun apel yang terletak di Kecamatan Batu ini menawarkan berbagai jenis apel yang bisa dipetik langsung dari pohonnya.
  • Kebun Stroberi Petik Sendiri: Kebun stroberi yang terletak di Kecamatan Poncokusumo ini menawarkan pengalaman memetik stroberi langsung dari kebunnya.

Desa Wisata Malang

Malang juga memiliki beberapa desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa desa wisata yang direkomendasikan antara lain:

  • Desa Wisata Pujon Kidul: Desa wisata ini terletak di Kecamatan Pujon. Terdapat berbagai kegiatan wisata yang bisa dilakukan, seperti rafting, tubing, dan mengunjungi perkebunan apel.
  • Desa Wisata Sanankerto: Desa wisata ini terletak di Kecamatan Turen. Terdapat berbagai kegiatan wisata yang bisa dilakukan, seperti membatik, menari, dan mengunjungi situs Candi Singosari.
  • Desa Wisata Jodipan: Desa wisata ini terletak di Kecamatan Blimbing. Terdapat berbagai kegiatan wisata yang bisa dilakukan, seperti belajar melukis, membatik, dan mengunjungi kampung warna-warni.

Arung Jeram Malang

Bagi pecinta olahraga arung jeram, Malang memiliki beberapa sungai yang bisa digunakan untuk arung jeram. Beberapa sungai yang direkomendasikan antara lain:

  • Sungai Brantas: Sungai ini memiliki jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, sehingga cocok untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman.
  • Sungai Metro: Sungai ini memiliki jeram yang lebih menantang, sehingga cocok untuk yang sudah berpengalaman.
  • Sungai Wlingi: Sungai ini memiliki jeram yang cukup deras, sehingga cocok untuk yang mencari tantangan.

Down Hill Malang

Bagi pecinta olahraga bersepeda, Malang memiliki beberapa jalur down hill yang bisa digunakan untuk bersepeda. Beberapa jalur down hill yang direkomendasikan antara lain:

  • Jalur Down Hill Coban Talun: Jalur down hill ini berada di lereng Gunung Panderman. Terdapat berbagai rintangan yang bisa dilewati, sehingga cocok untuk yang sudah berpengalaman.
  • Jalur Down Hill Gunung Arjuna: Jalur down hill ini berada di lereng Gunung Arjuna. Terdapat berbagai tanjakan dan turunan yang menantang, sehingga cocok untuk yang sudah berpengalaman.
  • Jalur Down Hill Gunung Bromo: Jalur down hill ini berada di lereng Gunung Bromo. Terdapat berbagai pemandangan yang indah di sepanjang jalur ini, sehingga cocok untuk yang ingin menikmati pemandangan sambil bersepeda.

Pemandian Air Panas Malang

Bagi yang ingin merasakan sensasi berendam di air panas, Malang memiliki beberapa pemandian air panas yang bisa dikunjungi. Beberapa pemandian air panas yang direkomendasikan antara lain:

  • Pemandian Air Panas Songgoriti: Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Batu. Terdapat beberapa kolam dengan suhu yang bervariasi, sehingga cocok untuk segala usia.
  • Pemandian Air Panas Cangar: Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Batu. Terdapat beberapa kolam dengan suhu yang bervariasi, serta pemandangan alam yang indah.
  • Pemandian Air Panas Clenteng: Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Dau. Terdapat beberapa kolam dengan suhu yang bervariasi, serta fasilitas seperti sauna dan spa.

2. Wisata Sejarah Malang

Malang memiliki banyak tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari museum, bangunan cagar budaya, candi, hingga wisata heritage, semua tersedia di Malang.

Museum di Malang

Malang memiliki beberapa museum yang menyimpan koleksi berharga dari masa lalu. Museum yang terkenal di Malang antara lain:

  • Museum Brawijaya: Museum ini menyimpan koleksi sejarah militer Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan pertempuran di Jawa Timur.
  • Museum Mpu Purwa: Museum ini menyimpan koleksi benda-benda seni dan budaya Jawa Timur, termasuk patung, wayang, dan gamelan.
  • Museum Malang Tempo Doeloe: Museum ini menampilkan koleksi benda-benda yang digunakan oleh masyarakat Malang pada masa kolonial Belanda.

Selain museum-museum tersebut, masih banyak museum lain yang bisa dikunjungi di Malang, seperti Museum Kesehatan Jiwa, Museum Musik Indonesia, dan Museum D’Topeng Kerajaan Indonesia.

Bangunan Cagar Budaya Malang

Malang memiliki banyak bangunan cagar budaya yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunan-bangunan ini merupakan saksi bisu sejarah kota Malang. Beberapa bangunan cagar budaya yang terkenal di Malang antara lain:

  • Gedung Balai Kota Malang: Gedung ini dibangun pada tahun 1929 dan merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Malang.
  • Stasiun Malang: Stasiun kereta api ini dibangun pada tahun 1879 dan merupakan salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia.
  • Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Lourdes: Gereja ini dibangun pada tahun 1897 dan merupakan salah satu gereja tertua di Malang.

Selain bangunan-bangunan tersebut, masih banyak bangunan cagar budaya lain yang bisa dikunjungi di Malang, seperti Kampung Kayutangan, Kampung Warna-warni Jodipan, dan Jalan Ijen.

Candi di Malang

Malang memiliki beberapa candi yang merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha pada masa lalu. Candi-candi ini tersebar di berbagai daerah di Malang. Beberapa candi yang terkenal di Malang antara lain:

  • Candi Badut: Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan merupakan salah satu candi tertua di Malang.
  • Candi Singosari: Candi ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan candi terbesar di Malang.
  • Candi Jago: Candi ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan salah satu candi terindah di Malang.

Selain candi-candi tersebut, masih banyak candi lain yang bisa dikunjungi di Malang, seperti Candi Kidal, Candi Sumberawan, dan Candi Ganjuran. Simak Selengkapnya di Candi di Malang

Wisata Heritage Malang

Malang memiliki beberapa wisata heritage yang menarik untuk dikunjungi. Wisata heritage ini menawarkan pengalaman untuk mengenal sejarah dan budaya Malang lebih dalam. Beberapa wisata heritage yang terkenal di Malang antara lain:

  • Kampung Sanan: Kampung ini merupakan kampung wisata yang menyajikan suasana tempo dulu. Di sini, pengunjung bisa melihat rumah-rumah tua, toko-toko antik, dan kuliner khas Malang.
  • Jalan Ijen: Jalan ini merupakan salah satu jalan tertua di Malang dan memiliki banyak bangunan bersejarah. Di sini, pengunjung bisa melihat gedung-gedung kolonial, gereja-gereja tua, dan toko-toko yang sudah berdiri sejak lama.
  • Taman Rekreasi Sengkaling: Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Malang dan memiliki banyak koleksi tanaman langka. Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dan belajar tentang berbagai jenis tanaman.

Selain wisata heritage tersebut, masih banyak wisata heritage lain yang bisa dikunjungi di Malang, seperti Kampung Biru Arema, Kampung Inggris, dan Kampung Budaya Polowijen.

Wisata Keluarga Malang

Malang, kota yang dikenal dengan apel dan keindahan alamnya, juga menawarkan beragam pilihan wisata keluarga yang seru dan menyenangkan. Mulai dari taman bermain, tempat wisata edukatif, hingga penginapan murah, semuanya tersedia di sini.

Tempat Wisata Murah Malang

  • Kampung Warna-warni Jodipan: Kampung tematik yang dipenuhi rumah-rumah warna-warni ini menjadi spot foto yang instagramable dan tidak memerlukan biaya masuk.
  • Taman Trunojoyo (Alun-alun Batu): Alun-alun kota Batu ini memiliki air mancur menari yang indah dan gratis untuk dinikmati oleh pengunjung.
  • Pemandian Air Panas Cangar: Nikmati sensasi berendam di air panas alami dengan pemandangan alam yang menyejukkan, cukup membayar tiket masuk yang terjangkau.

Wisata Anak Malang

  • Jatim Park 1: Taman hiburan terbesar di Jawa Timur ini memiliki berbagai wahana seru, termasuk roller coaster dan pertunjukan lumba-lumba.
  • Batu Secret Zoo: Kebun binatang yang modern dan interaktif, di mana anak-anak dapat belajar tentang satwa liar sekaligus berinteraksi dengan hewan.
  • Museum Angkut: Museum yang menampilkan koleksi kendaraan dari berbagai era, termasuk mobil antik, pesawat, dan kereta api.

Taman Bermain Anak di Malang

  • Malang Night Paradise: Taman hiburan malam yang menawarkan wahana permainan, pertunjukan kembang api, dan lampion warna-warni.
  • Select City Zoo and Waterpark: Taman rekreasi yang menggabungkan kebun binatang dan waterpark, cocok untuk anak-anak dari segala usia.
  • Hawai Waterpark Malang: Taman air terbesar di Jawa Timur ini memiliki berbagai seluncuran dan kolam renang yang akan membuat anak-anak betah bermain.

Penginapan Malang Murah

  • OYO 89793 Blessing Guest House: Penginapan murah di dekat Stasiun Malang, menawarkan kamar-kamar bersih dan nyaman.
  • Hotel Mutiara Batu: Hotel dengan harga terjangkau di pusat kota Batu, memiliki fasilitas kolam renang dan restoran.
  • Pondok Asri: Penginapan sederhana di kawasan Candi Singosari, cocok untuk backpacker dan keluarga.

Dengan beragam pilihan wisata keluarga yang murah dan seru, Malang menjadi destinasi liburan yang ideal untuk menciptakan kenangan indah bersama orang-orang tercinta.

4. Wisata Religi Malang

Kota Malang memiliki sejumlah destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa menjadi pertimbangan:

Masjid di Malang yang Terkenal

  • Masjid Agung Jami’ Malang: Masjid terbesar di Malang yang menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Muslim.
  • Masjid Sabilillah: Masjid bersejarah yang didirikan pada tahun 1870 dengan arsitektur yang unik.
  • Masjid Al Amin Al Madinah: Masjid megah yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah.

Makam Wali di Malang

  • Makam Sunan Ampel: Makam salah satu Wali Songo yang terkenal dengan ajarannya yang menyebarkan agama Islam di Jawa.
  • Makam Mbah Hamid Pasuruan: Makam ulama kharismatik yang dikenal sebagai penyebar Islam di Malang bagian selatan.
  • Makam Pangerang Antasari: Makam pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajah Belanda.

Wisata religi di Malang tidak hanya menawarkan destinasi yang menarik, tetapi juga menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan memperkuat keimanan bagi para pengunjung.

5. Wisata Edukasi Malang

Malang, kota yang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan keindahan alamnya, juga memiliki banyak pilihan wisata edukasi yang menarik dan informatif. Cocok untuk liburan sekolah, wisata edukasi ini menawarkan pengalaman belajar sambil bermain yang menyenangkan bagi anak-anak dan orang dewasa.

Museum di Malang

  • Museum Angkut: Museum otomotif yang menampilkan koleksi mobil dan motor klasik dari berbagai era, serta wahana simulasi berkendara.
  • Museum Brawijaya: Museum sejarah yang menyoroti perjuangan rakyat Jawa Timur melawan penjajah, dengan koleksi senjata, kendaraan perang, dan diorama pertempuran.
  • Museum Mpu Purwa: Museum arkeologi yang memamerkan peninggalan Kerajaan Singosari dan Majapahit, termasuk patung-patung kuno dan artefak lainnya.

Belajar Sambil Main Malang

  • Taman Rekreasi Sengkaling: Taman rekreasi yang dilengkapi dengan area bermain anak, kebun binatang mini, dan wahana edukasi tentang lingkungan hidup.
  • Taman Pintar Malang: Pusat sains interaktif yang menawarkan berbagai permainan dan eksperimen sains yang menyenangkan, cocok untuk anak-anak segala usia.
  • Eco Green Park: Taman wisata alam yang menyuguhkan atraksi edukatif tentang konservasi lingkungan, dengan koleksi hewan langka dan area bermain ramah anak.

Sejarah & Budaya Malang

  • Kampung Heritage Kajoetangan: Kawasan bersejarah yang menampilkan bangunan-bangunan bergaya kolonial Belanda yang telah direvitalisasi, serta menyuguhkan berbagai pertunjukan seni dan budaya.
  • Candi Badut: Candi Hindu peninggalan Kerajaan Singosari yang menjadi bukti kejayaan kerajaan di masa lampau, dengan relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana.
  • Gereja Hati Kudus Yesus: Gereja Katolik yang dibangun pada masa kolonial Belanda, dengan arsitektur bergaya neogotik yang megah dan interior yang indah.

Seni & Kreativitas Malang

  • Galeri Seni Rupa MFA: Galeri seni yang menampilkan karya-karya seniman lokal dan nasional, serta menyelenggarakan pameran dan lokakarya seni.
  • Sanggar Tari Jawa Timuran: Sanggar tari yang mengajarkan berbagai tari tradisional Jawa Timur, seperti tari topeng, tari gambyong, dan tari reog.
  • Malang Creative Center: Pusat kreativitas yang menyediakan ruang bagi seniman dan pelaku industri kreatif untuk berkarya dan berinteraksi.

Wisata Pameran & Galeri

  • Malang Town Square: Pusat perbelanjaan yang sering menyelenggarakan pameran seni, budaya, dan teknologi.
  • Galeri Fotografi Jurnalistik Antara: Galeri yang memamerkan karya-karya foto jurnalistik dari Kantor Berita Antara, menyuguhkan momen-momen bersejarah dan kisah-kisah inspiratif.
  • Museum Musik Indonesia: Museum yang memamerkan koleksi alat musik tradisional dan modern dari seluruh Indonesia, serta menyuguhkan pertunjukan musik secara berkala.

Wisata edukasi di Malang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga kesempatan untuk belajar dan menambah pengetahuan tentang berbagai hal, mulai dari sejarah, budaya, sains, hingga seni. Sangat cocok untuk mengisi liburan sekolah atau akhir pekan bersama keluarga dan teman.

6. Wisata Kuliner Malang

Malang, kota yang dikenal dengan udara sejuk dan panorama alamnya yang indah, juga menawarkan pesona wisata kuliner yang beragam. Mulai dari makanan khas, makanan tradisional, hingga kuliner kekinian, Malang memiliki banyak tempat makan enak yang bisa memanjakan lidah para wisatawan.

Cafe di Malang

  • Cafe Batavia: Cafe dengan nuansa tempo dulu yang menyajikan aneka minuman dan makanan ringan, seperti kopi, teh, dan roti bakar.
  • Tik Tok Coffee & Eatery: Cafe kekinian yang menyajikan berbagai menu kopi dan makanan ringan, seperti waffle, pancake, dan sandwich.
  • Anomali Coffee Malang: Kedai kopi yang menyajikan berbagai jenis kopi berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia.

Kuliner Khas Malang

  • Bakso Malang: Bakso khas Malang yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan mie kuning.
  • Soto Malang: Soto khas Malang yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rempah dan daging sapi.
  • Cwie Mie Malang: Hidangan mie yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan topping daging babi.

Makanan Tradisional Malang

  • Orem-orem: Jajanan tradisional Malang yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan diberi bumbu.
  • Peyek Kacang: Kerupuk khas Malang yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diberi bumbu.
  • Jenang Grendul: Hidangan bubur manis khas Malang yang terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Tempat Makan Enak di Malang

  • Depot Rawon Nguling: Tempat makan yang menyajikan rawon, hidangan berkuah hitam khas Jawa Timur.
  • Warung Lesehan Sastro: Tempat makan yang menyajikan aneka masakan Jawa Timur, seperti nasi campur, pecel, dan sate.
  • Kedai Kita: Tempat makan yang menyajikan aneka masakan Indonesia, seperti nasi goreng, mie ayam, dan soto.

Street Food Malang

  • Bakso Bakar Pak Man: Bakso khas Malang yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang.
  • Sate Gebug: Sate khas Malang yang digebug sebelum dibakar dan disajikan dengan bumbu kecap.
  • Ceker Setan: Ceker ayam yang dimasak dengan bumbu pedas dan disajikan dengan kuah.

Kedai Kopi Malang

  • Djawa Coffee House: Kedai kopi yang menyajikan berbagai jenis kopi dan makanan ringan, seperti roti bakar dan pisang goreng.
  • Kedai Kopi Klotok: Kedai kopi yang menyajikan kopi klotok, kopi khas Malang yang diseduh dengan arang.
  • Malang Coffee Hut: Kedai kopi yang menyajikan berbagai jenis kopi dan makanan ringan, seperti donat dan kue.

Kuliner Pedas Malang

  • Soto Kwali: Soto khas Malang yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan pedas.
  • Rujak Cingur: Rujak khas Malang yang disajikan dengan cingur, yaitu hidung sapi.
  • Tahu Telor: Hidangan tahu dan telur yang digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang yang pedas.

Wisata Kuliner Malam Malang

  • Pecel Kawi: Pecel khas Malang yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.
  • Martabak Bangka Haji Muchtar: Martabak khas Bangka yang disajikan dengan aneka isian, seperti daging sapi, ayam, dan sayuran.
  • Pos Ketan Legenda 1967: Tempat makan yang menyajikan ketan susu dan ketan durian.

Kuliner Halal Malang

  • Soto Ayam Lamongan Cak Har: Soto ayam khas Lamongan yang diolah secara halal dan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.
  • Warung Makan Nasi Buk Gendut: Tempat makan yang menyajikan aneka masakan Indonesia, seperti nasi campur, rendang, dan ayam goreng.
  • Kedai Ayam Bakar Wong Solo: Tempat makan yang menyajikan ayam bakar khas Solo yang diolah secara halal.

Tempat Sarapan Enak di Malang

  • Warung Soto Lamongan Cak To: Warung soto yang menyajikan soto lamongan dengan kuah kaldu yang gurih dan daging ayam yang empuk.
  • Bakso President: Kedai bakso yang menyajikan bakso dengan daging sapi yang berkualitas dan kuah kaldu yang gurih.
  • Bubur Ayam Cak Ali: Warung bubur yang menyajikan bubur ayam dengan topping yang lengkap, seperti cakwe, telur, dan kerupuk.

Kuliner Murah di Malang

  • Soto Kudus Mbak Ulfa: Soto khas Kudus yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan harga yang terjangkau.
  • Mie Gacoan: Kedai mie yang menyajikan mie ayam dengan aneka topping dan harga yang terjangkau.
  • Bakso Bakar Pak Man: Kedai bakso yang menyajikan bakso bakar dengan harga yang terjangkau.

Kuliner Kekinian Malang

  • Es Krim Mbok Djayus: Kedai es krim yang menyajikan es krim dengan aneka rasa dan topping yang kekinian.
  • Mochibo: Kedai mochi yang menyajikan mochi dengan aneka isian yang kekinian, seperti matcha, keju, dan nutella.
  • Boba Time: Kedai boba yang menyajikan aneka minuman boba dengan aneka rasa dan topping yang kekinian.

Kuliner Unik Malang

  • Sate Landak: Sate yang terbuat dari daging landak yang diolah dengan bumbu yang khas.
  • Ampel Gading: Hidangan yang terbuat dari bunga kecombrang yang diolah dengan bumbu yang pedas.
  • Tumpeng Sewu: Tumpeng yang disajikan dengan aneka lauk pauk yang berjumlah seribu.

Tempat Makan Siang Enak di Malang

  • Restoran Rawon Rampal: Restoran yang menyajikan rawon dengan kuah kaldu yang gurih dan daging sapi yang empuk.
  • Warung Nasi Pecel Blitar: Warung pecel yang menyajikan pecel dengan bumbu kacang yang gurih dan aneka sayuran.
  • Depot Soto Lamongan Cak Har: Depot soto yang menyajikan soto lamongan dengan kuah kaldu yang gurih dan daging ayam yang empuk.

Berwisata kuliner di Malang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati beragam cita rasa makanan dan minuman khas Malang. Dari makanan tradisional hingga kuliner kekinian, Malang menawarkan banyak pilihan tempat makan enak yang siap memanjakan lidah para pengunjung.

7. Oleh-oleh Khas Malang

Malang menyimpan berbagai pesona wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga belanja oleh-oleh. Berbicara tentang oleh-oleh, Malang memiliki beragam pilihan yang unik dan khas. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang wajib dibawa pulang:

Makanan Khas Malang

  • Keripik Buah: Keripik buah khas Malang memiliki rasa yang renyah dan manis. Tersedia berbagai varian rasa, seperti apel, nangka, dan salak.
  • Cokelat Tempe: Perpaduan unik antara cokelat dan tempe menciptakan rasa yang istimewa. Cocok sebagai camilan atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.
  • Bakpao Malang: Bakpao khas Malang memiliki ukuran yang besar dan isian yang beragam, seperti daging, kacang hijau, dan cokelat.

Lokasi Oleh-oleh Malang

  • Pasar Besar Malang: Pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, seperti keripik buah, cokelat tempe, dan batik.
  • Toko Oleh-oleh Lancar Jaya: Toko khusus oleh-oleh yang menawarkan beragam pilihan, mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga pernak-pernik khas Malang.
  • Kampung Biru Arema: Kawasan wisata yang menyediakan berbagai oleh-oleh, seperti kaus, topi, dan aksesoris bertemakan Arema FC.

Wisata Belanja Malang

  • Malang Town Square (Matos): Pusat perbelanjaan modern yang menawarkan berbagai macam toko, mulai dari fashion, elektronik, hingga oleh-oleh.
  • Malang Plaza: Pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai pilihan oleh-oleh, termasuk kerajinan tangan, batik, dan makanan khas Malang.
  • Jalan Basuki Rahmat: Jalan yang dipenuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh, seperti keripik buah, cokelat tempe, dan bakpao Malang.

Kerajinan Tangan Malang

  • Batik Malang: Batik khas Malang memiliki motif yang unik dan khas, seperti motif bunga, daun, dan hewan.
  • Topeng Malang: Topeng tradisional yang terbuat dari kayu dan dilukis dengan warna-warna cerah.
  • Keramik Dinoyo: Kerajinan keramik yang terkenal dengan motif dan bentuknya yang beragam.

Oleh-oleh Tradisional Malang

  • Petis: Saus fermentasi yang terbuat dari udang atau ikan. Biasanya digunakan sebagai bumbu atau cocolan.
  • Sambal Pedas: Sambal khas Malang yang memiliki rasa yang pedas dan gurih.
  • Krupuk Rambak: Krupuk kulit sapi yang memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih.

Oleh-oleh Kekinian Malang

  • Bakso Bakar Malang: Bakso yang dibakar dengan bumbu kecap dan cabai.
  • Cimol: Camilan yang terbuat dari tepung aci yang digoreng dengan bentuk bulat kecil.
  • Pisang Cokelat: Pisang yang dilumuri cokelat dan ditaburi meses.

8. Wisata Malam Malang

Wisata malam Malang menawarkan berbagai pilihan hiburan dan kuliner yang menarik untuk dijelajahi. Mulai dari tempat makan yang buka hingga larut malam, hingga destinasi wisata yang menawarkan pemandangan kota yang memukau.

Kuliner Malam Malang

  • Soto Ayam Pak Marto: Soto ayam legendaris yang buka hingga dini hari, menyajikan kuah kaldu yang gurih dan kaya rasa.
  • Bakso President: Restoran bakso yang terkenal dengan porsinya yang besar dan kuahnya yang lezat. Buka hingga larut malam.
  • Rawon Pak Ndut: Rawon Malang yang terkenal dengan kuahnya yang hitam pekat dan rasa yang autentik. Buka hingga larut malam.
  • Mie Ayam Pangsit Hok Lay: Mie ayam pangsit yang sudah melegenda di Malang, menawarkan rasa yang nikmat dan harga yang terjangkau. Buka hingga larut malam.
  • Pos Ketan Legenda 1967: Pos ketan yang menyajikan berbagai pilihan ketan dengan topping yang beragam, seperti serundeng, bubuk kedelai, dan durian. Buka hingga dini hari.

Destinasi Wisata Malam Malang

  • Alun-Alun Malang: Alun-alun yang menjadi ikon kota Malang, dipenuhi dengan lampu-lampu warna-warni dan air mancur menari.
  • Jalan Ijen: Jalan yang terkenal dengan deretan kafe dan restoran yang buka hingga larut malam. Menawarkan suasana yang nyaman dan hiburan live.
  • Bukit Paralayang Batu: Bukit yang menawarkan pemandangan kota Malang yang indah dari ketinggian. Tersedia juga area paralayang bagi yang ingin memacu adrenalin.
  • Taman Rekreasi Sengkaling: Taman rekreasi yang buka hingga larut malam, menawarkan berbagai wahana permainan dan pertunjukan.
  • Malang Night Paradise: Taman hiburan dengan konsep lampu warna-warni yang memukau. Menampilkan berbagai atraksi, seperti lampion raksasa dan pertunjukan air mancur.

9. Wisata Batu

Kota Batu menawarkan berbagai pilihan wisata, mulai dari alam hingga kuliner dan malam hari. Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di Batu:

Wisata Alam Batu

Wisata alam Batu menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain:

  • Coban Rondo: Air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang asri.
  • Coban Talun: Air terjun yang lebih tinggi dari Coban Rondo dengan suasana yang tenang.
  • Paralayang Gunung Banyak: Nikmati sensasi terbang dengan paralayang sambil menyaksikan keindahan Kota Batu dari ketinggian.
  • Taman Rekreasi Selecta: Taman rekreasi dengan fasilitas lengkap, seperti kolam renang, taman bermain, dan kebun bunga.

Wisata Kuliner Batu

Batu terkenal dengan kulinernya yang lezat. Beberapa tempat kuliner yang wajib dicoba antara lain:

  • Pos Ketan Legenda 1967: Warung legendaris yang menyajikan ketan susu dengan berbagai pilihan topping.
  • Bakso President: Warung bakso legendaris dengan bakso yang kenyal dan kuah yang gurih.
  • Mie Ayam Pangsit Akung: Warung mie ayam pangsit yang terkenal dengan porsinya yang besar dan rasanya yang nikmat.
  • Surabi Imut: Warung surabi yang menyajikan surabi dengan berbagai pilihan rasa dan topping.

Wisata Malam Batu

Kota Batu juga memiliki banyak tempat wisata malam yang menarik. Beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain:

  • Alun-Alun Batu: Lapangan luas yang menjadi pusat keramaian pada malam hari, dengan banyak penjual makanan dan minuman.
  • Kampung Wisata Jodipan: Kampung warna-warni yang indah pada malam hari, dengan banyak spot foto yang menarik.
  • Batu Night Spectacular (BNS): Taman hiburan dengan berbagai wahana dan atraksi, seperti kora-kora dan bianglala.
  • Malang Night Paradise (MNP): Taman lampu yang menyuguhkan berbagai instalasi lampu yang indah dan menarik.

10. Hotel Malang

Malang menawarkan beragam pilihan hotel untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dengan berbagai preferensi dan anggaran. Berikut adalah daftar hotel di Malang yang direkomendasikan:

Hotel Bintang di Malang

  • The Singhasari Resort: Hotel bintang 5 dengan fasilitas mewah, seperti kolam renang, spa, dan lapangan golf.
  • Hotel Tugu Malang: Hotel bintang 5 bertema kolonial Belanda dengan arsitektur dan interior yang unik.
  • Grand Mercure Malang Mirama: Hotel bintang 4 dengan lokasi strategis di pusat kota dan menawarkan pemandangan kota yang indah.

Hotel Bersejarah di Malang

  • Hotel Pelangi: Hotel bersejarah yang dibangun pada masa kolonial Belanda dan mempertahankan arsitektur aslinya.
  • Hotel Trio Indah: Hotel yang telah beroperasi sejak tahun 1930-an dan memiliki suasana klasik yang menawan.

Hotel Mewah di Malang

  • The Shalimar Boutique Hotel: Hotel bintang 4 dengan desain modern dan fasilitas eksklusif, seperti kolam renang rooftop dan lounge.
  • Ma

Kesimpulan

Wisata alam Malang menawarkan pengalaman liburan seru dan tak terlupakan. Keindahan alamnya yang masih asri, spot wisatanya yang beragam, dan keramahan masyarakatnya membuat Malang menjadi destinasi liburan yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan terus berkembangnya wisata alam di Malang, rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 ini akan terus diperbarui. Pastikan untuk mengecek blog ini secara berkala agar tidak ketinggalan informasi terkini tentang wisata alam Malang yang siap memanjakan liburan Anda.