10 Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Malang

  • 2 bulan ago
  • 11Minutes
  • 2148Words
  • 304Views

Wisata Pantai Malang adalah tujuan wisata populer di Jawa Timur, Indonesia. Dengan pantainya yang memukau dan airnya yang jernih, tak heran jika banyak orang berbondong-bondong datang ke daerah ini untuk berlibur. Pada artikel ini, kami akan menyoroti 10 wisata pantai terbaik di Malang, sehingga Anda dapat merencanakan liburan Anda berikutnya dengan mudah.

Salah satu tujuan utama dalam daftar ini adalah Pantai Balekambang. Pantai yang indah ini terkenal dengan pura Hindu yang ikonik, yang terletak di sebuah pulau kecil di lepas pantai. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk melihat lebih dekat atau hanya menikmati pemandangan yang menakjubkan dari pantai. Tempat populer lainnya adalah Pantai Kondang Merak, yang terkenal dengan perairannya yang tenang dan suasana yang cocok untuk keluarga. Di sini, pengunjung dapat berenang, berjemur, dan menikmati berbagai olahraga air.

Baik Anda mencari tempat peristirahatan yang tenang atau petualangan yang penuh aksi, Pantai Malang memiliki sesuatu untuk semua orang. Dari teluk-teluk kecil yang tersembunyi hingga pantai yang ramai, tidak ada kekurangan pemandangan yang menakjubkan untuk dijelajahi. Jadi, siapkan tas Anda dan bersiaplah untuk liburan yang tak terlupakan di bagian Indonesia yang indah ini.

Sejarah Wisata Pantai Malang

Wisata Pantai Malang adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur. Namun, tidak banyak yang tahu tentang sejarah pantai-pantai di Malang ini. Pantai-pantai ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik.

Salah satu pantai yang terkenal di Malang adalah Pantai Balekambang. Pantai ini memiliki sejarah yang menarik karena adanya sebuah pura di tengah laut yang disebut Pura Luhur Poten. Pura ini dibangun pada abad ke-8 oleh seorang pendeta Hindu bernama Mpu Bharada. Pura Luhur Poten dianggap sebagai tempat suci bagi umat Hindu di Malang.

Selain Pantai Balekambang, ada juga Pantai Ngliyep yang memiliki sejarah yang menarik. Pantai ini memiliki legenda tentang seorang putri cantik bernama Dewi Kilisuci yang hidup pada zaman Kerajaan Majapahit. Konon, Dewi Kilisuci sering mandi di pantai ini dan menjadi saksi keindahan pantai Ngliyep.

Pantai-pantai di Malang juga memiliki sejarah sebagai tempat perdagangan rempah-rempah pada masa lalu. Pantai-pantai ini menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dagang yang membawa rempah-rempah dari Maluku ke pelabuhan di Jawa Timur.

Dalam beberapa tahun terakhir, wisata pantai di Malang semakin berkembang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai-pantai yang masih alami dan menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, berselancar, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut yang indah.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki keindahan yang memukau dengan pemandangan laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pantai Balekambang juga memiliki beberapa pulau kecil yang dapat dijangkau dengan naik perahu.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Balekambang memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Area bermain anak
  • Kamar mandi dan toilet
  • Warung makan dan minuman
  • Area penginapan

Selain itu, Pantai Balekambang juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable, seperti jembatan yang menghubungkan ke pulau-pulau kecil dan patung Dewi Kwan Im yang menjulang tinggi di atas pulau.

Akses dan Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Balekambang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Kota Malang, Pantai Balekambang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Akses menuju Pantai Balekambang cukup mudah karena sudah ada jalan aspal yang memadai.

Pantai Balekambang juga memiliki lokasi yang strategis karena berada di antara beberapa wisata pantai lainnya seperti Pantai Sendiki, Pantai Bajul Mati, dan Pantai Goa Cina.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan tiga warna air lautnya yang menawan. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Tiga Warna menawarkan berbagai macam kegiatan wisata seperti snorkeling, berenang, dan berjemur. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut, Pantai Tiga Warna juga menyediakan alat snorkeling yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Pantai Tiga Warna juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir, dan warung makan yang menyajikan berbagai macam hidangan seafood yang lezat.

Akses dan Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Tiga Warna, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Jarak tempuh dari Kota Malang sekitar 2 jam perjalanan. Setelah sampai di Desa Sitiarjo, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai pantai.

Pantai Tiga Warna buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk ke Pantai Tiga Warna sekitar Rp 10.000 per orang.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di Malang.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Goa Cina memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki goa yang terletak di sebelah timur pantai. Goa ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit dari pantai. Goa ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah.

Pantai Goa Cina dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti area parkir yang luas, toilet, tempat mandi, dan warung makan. Pengunjung dapat menyewa payung dan kursi untuk bersantai di pantai.

Akses dan Lokasi

Pantai Goa Cina dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil rute Malang – Kepanjen – Turen – Sumbermanjing. Setelah sampai di Sumbermanjing, pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Goa Cina.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan angkutan umum dari Terminal Arjosari Malang menuju Terminal Sumbermanjing. Setelah sampai di Terminal Sumbermanjing, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Pantai Goa Cina.

Pantai Goa Cina buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk ke Pantai Goa Cina sebesar Rp 10.000 per orang.

Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan cocok untuk berselancar. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Bajul Mati memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi dan toilet
  • Warung makan dan minuman
  • Area berkemah
  • Area bermain anak

Selain itu, pantai ini juga menyediakan sewa peralatan selancar bagi pengunjung yang ingin mencoba berselancar di ombak Pantai Bajul Mati.

Akses dan Lokasi

Pantai Bajul Mati dapat diakses melalui jalan raya Malang – Lumajang. Dari Kota Malang, pengunjung dapat menuju ke arah timur melalui jalan raya tersebut dan berbelok ke arah selatan di pertigaan Sitiarjo. Setelah itu, pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut hingga tiba di Pantai Bajul Mati.

Pantai Bajul Mati berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini juga dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau travel.

Pantai Nganteb

Pantai Nganteb adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dan suasana yang tenang dan sejuk. Pantai Nganteb juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Nganteb memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Beberapa fitur dan fasilitas yang tersedia di Pantai Nganteb antara lain:

  • Area piknik
  • Area bermain anak
  • Kios makanan dan minuman
  • Toilet umum
  • Tempat parkir

Selain itu, Pantai Nganteb juga memiliki spot-spot yang menarik untuk berfoto, seperti hamparan pasir putih yang bersih dan bebatuan besar yang berjejer di pinggir pantai.

Akses dan Lokasi

Pantai Nganteb terletak di Desa Nganteb, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jarak dari Kota Malang ke Pantai Nganteb sekitar 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Untuk masuk ke Pantai Nganteb, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya parkir kendaraan sekitar Rp 5.000 per kendaraan. Pantai Nganteb buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai yang terletak di Malang Selatan. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Malang.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Batu Bengkung memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berjemur atau berenang di laut. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi dan toilet
  • Warung makan dan minuman
  • Tempat penginapan

Akses dan Lokasi

Pantai Batu Bengkung dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Malang dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus melewati jalan yang cukup menantang dengan pemandangan alam yang indah.

Pantai Batu Bengkung berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp10.000 per orang.

Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai di Malang Selatan, Pantai Batu Bengkung bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Desa Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Malang Selatan, Kota Malang. Pantai ini memiliki panorama yang indah, air laut yang jernih, dan pasir putih yang lembut. Pantai Sendang Biru menjadi salah satu pantai terfavorit di Malang.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Sendang Biru menawarkan berbagai fitur dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa fitur dan fasilitas yang tersedia di Pantai Sendang Biru:

  • Wisata Bahari: Pengunjung dapat menikmati wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan memancing di Pantai Sendang Biru.
  • Restoran: Terdapat beberapa restoran yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung.
  • Tempat Parkir: Terdapat area parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung.
  • Kamar Mandi: Terdapat kamar mandi dan tempat ganti pakaian yang bersih dan terawat.

Akses dan Lokasi

Pantai Sendang Biru dapat diakses dengan mudah dari Kota Malang. Dari Kota Malang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota. Pantai Sendang Biru terletak sekitar 70 km dari Kota Malang. Untuk mencapai Pantai Sendang Biru, pengunjung harus melewati jalan yang berkelok dan menuruni bukit. Meskipun demikian, pemandangan yang indah di sepanjang jalan akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Pantai Sendang Biru adalah destinasi liburan yang ideal bagi mereka yang mencari tempat yang tenang dan indah untuk bersantai. Dengan berbagai fitur dan fasilitas yang tersedia, pengunjung dapat menikmati liburan yang menyenangkan di Pantai Sendang Biru.

Pantai Seling Ombo

Pantai Seling Ombo terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih serta ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Seling Ombo memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, antara lain:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi dan toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Tempat istirahat
  • Area bermain anak

Selain itu, pantai ini juga menyediakan penyewaan peralatan selancar bagi yang ingin mencoba olahraga tersebut.

Akses dan Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Seling Ombo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Malang, perjalanan menuju pantai ini memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 70 km.

Pantai Seling Ombo dapat diakses melalui jalan raya utama menuju ke arah Selatan, tepatnya di sebelah Pantai Balekambang. Setelah melewati Pantai Balekambang, pengunjung akan menemukan jalan masuk ke Pantai Seling Ombo yang terletak di sebelah kiri jalan.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, terdapat beberapa penginapan yang dapat ditemukan di sekitar pantai, seperti homestay, villa, dan hotel.

Pantai Clungup

Pantai Clungup terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Clungup juga menawarkan berbagai fitur dan fasilitas yang menarik untuk dikunjungi.

Fitur dan Fasilitas

Pantai Clungup memiliki beberapa fitur dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, antara lain:

  • Area parkir yang luas
  • Area bermain anak-anak
  • Kios-kios makanan dan minuman
  • Toilet dan kamar mandi
  • Area berkemah

Selain itu, Pantai Clungup juga menyediakan beberapa aktivitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti berenang, snorkeling, dan memancing.

Akses dan Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Clungup, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Kota Malang, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dengan rute Malang – Sumbermanjing Wetan. Setelah sampai di Sumbermanjing Wetan, pengunjung bisa menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Clungup.

Pantai Clungup berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Kesimpulan

Pulau Jawa memiliki banyak pantai yang menakjubkan, termasuk di kawasan Malang. Dalam artikel ini, telah dijelaskan 10 wisata pantai Malang yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Setiap pantai memiliki keindahan dan daya tarik yang berbeda-beda, seperti pantai-pantai yang memiliki ombak besar untuk berselancar, pantai yang cocok untuk bersantai, dan pantai yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Dari ke-10 pantai yang telah dijelaskan, Pantai Balekambang dan Pantai Banyu Anjlok adalah pantai yang paling populer di Malang. Kedua pantai ini menarik perhatian wisatawan karena keindahan alamnya yang menakjubkan serta fasilitas yang tersedia di sekitar pantai.

Meskipun pantai-pantai lainnya tidak sepopuler Pantai Balekambang dan Pantai Banyu Anjlok, namun setiap pantai memiliki keunikan dan keindahan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malang, disarankan untuk mengunjungi beberapa pantai yang telah dijelaskan dalam artikel ini untuk menikmati keindahan alam Malang yang menakjubkan.

Tinggalkan komentar